Dari TV Sampai HDTV

TV resolusi tinggi tidak dimulai sejak ajang Olimpiade 2010. Program HD pertama ternyata sudah ada sejak 70 tahun sebelumnya. Tayang 10 jam dalam seminggu. Begitulah kondisi awal tayangan reguler TV di tahun 30-an. BBC memulai tayangan tersebut sejak 2 November 1936 dan merupakan program HDTV pertama secara reguler. High Definition di era ini masih mendukung resolusi 405 lines dan 377 diantaranya dipakai untuk menampilkan gambar. Gambar berwarna belum dikenal saat itu.

Dari kacamata saat ini memang sedikit menyedihkan, namun beberapa tahun sebelumnya perangkat TV mekanis hanya menampilkan resolusi tak lebih dari 30 Lines. Sistem 405-Lines, yang juga dikenal sebagai Marconi-EMI-System, merupakan sistem TV pertama yang beroperasi reguler full-electronic. Untuk menghindari gambar flicker, digunakan sistem Interlacing. Di sini, 2 halfframe gambar ditampilkan secara bergantian sebanyak 50 kali per detik sehingga menghasilkan sekuen gambar penuh (full frame) dengan 25 gambar per detik.

Awalnya, gambar ditampilkan dalam format 5:4, kemudian BBC menggantinya menjadi format 4:3. Sistem 405 Lines masih tetap dipakai sampai tahun 1985. Namun selama Perang Dunia ke-2, tayangannya sempat dihentikan. Setelah masa perang negara-negara Eropa sepakat menetapkan sistem 626 Lines dengan resolusi yang lebih tinggi yang dikembangkan di Rusia, 576 Lines diantaranya visible dan saat ini dikenal dengan Standard Definition (SD). Terkecuali Inggris dan Perancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *